18 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Artikel ini terakhir di perbaharui December 3, 2020 by Rinaldi Syahran
18 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami
Woman with problematic skin, acne scars, wrinkles and dark spots -Spukkato/Freepik

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami – Ada banyak sekali cara untuk menghilangkan flek hitam secara alami, ataupun secara medis. Ada banyak metode dan tips, sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Bahan apa yang harus kita cari? Dan yang paling penting, cara dan bahan apa yang akan menghilangkan flek hitam untuk selamanya?

Sebelum kita mulai membahas cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel, sebaiknya kita ketahui dulu jenis-jenis flek hitam yang biasa ditemukan di wajah.

Noda hitam, sun spot, bekas jerawat, atau bintik-bintik tanda penuaan, semuanya adalah flek hitam yang disebabkan oleh berbagai hal. Tetapi jauh di dalam lapisan kulit kita, proses yang mendasari yang menyebabkan flek hitam adalah sama — produksi melanin.

Melanin inilah yang memberi warna pada kulit kita. Kulit kita memproduksi melanin sebagai mekanisme pertahanan terhadap kerusakan sel yang dipicu oleh sinar UV yang berbahaya atau akibat peradangan. Produksi melanin di lapisan kulit yang lebih dalam inilah yang menyebabkan penggelapan di bagian luar, yang bermanifestasi sebagai flek hitam di permukaan kulit.

Flek hitam pada kulit kita dapat dikategorikan menjadi empat kelompok utama: melasma, noda hitam, sun spot, dan hiper-pigmentasi pasca inflamasi (PIH).

Flek hitam juga bisa terjadi akibat peradangan atau trauma pada kulit, yakni:

  • Jerawat dan breakout
  • gigitan serangga
  • luka bakar
  • luka iris
  • psoriasis dan kondisi kulit lainnya
  • reaksi terhadap produk perawatan kulit
  • terbakar matahari

Bahkan praktik perawatan kulit sehari-hari dapat berkontribusi pada munculnya bintik hitam pada wajah. Menggunakan scrub yang keras, waxing, dan mencukur dapat menyebabkan trauma kulit ringan yang berujung pada perubahan warna kulit.

Ada dua jenis flek hitam yang biasa muncul di wajah, yakni dari luka akibat jerawat. Mereka adalah:

1) PIH (Post-inflammatory Hyperpigmentation / Hiperpigmentasi Pasca-inflamasi)

Tahukah kamu bahwa ada flek hitam yang muncul di tempat yang sebelumnya dihuni jerawat? Itulah yang disebut Post-inflammatory Hyperpigmentation, singkatnya PIH. Flek hitam yang mengganggu penampulan ini disebabkan oleh produksi berlebih dan pengendapan melanin ke kulit sebagai respons terhadap peradangan, sehingga memberikan warna coklat tua pada kulit kita.

2) PIE (Kemerahan / Post-inflammatory Erythema)

Kita semua pasti pernah menyerah pada godaan memencet jerawat, dan kemudian merasa sangat bersalah ketika kulit kita menjadi semakin merah dan memburuk setelahnya. Setelahnya, kita akan menemukan Post-inflammatory Erythema, atau PIE, yang muncul di tempat jerawat yang dipencet. Kemerahan pada kulit ini disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah di dalam kulit yang meradang.

Lalu bagaimana cara cara alami menghilangkan flek hitam di pipi dan wajah yang membandel ini? Untunglah, ada banyak cara dan bahan alami yang diketahui ampuh mengatasi flek hitam. Untuk menghilangkan flek hitam di wajah, kita dapat memulai dengan pengobatan rumahan. Sayangnya, banyak dari pengobatan rumahan ini tak memiliki bukti sains yang kuat untuk mendukungnya. Tapi tentu saja, tidak ada salahnya mencobanya. Berikut ini beberapa cara menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat di wajah yang membandel:

Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah bahan alami yang memiliki banyak manfaat, termasuk menghilangkan flek hitam di wajah. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk memudarkan flek hitam yang disebabkan oleh jerawat. Memang benar lidah buaya adalah agen penyembuhan yang luar biasa, terutama jika menyangkut kulit kita.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan tingkat melanin dalam sel, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui batasan dari efek ini.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat:

Oleskan jus lidah buaya atau gel lidah buaya alami langsung ke flek hitam selama 30 menit di pagi dan sore hari. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembab favorit yang biasa dipakai.

Cuka Apel (Apple Cider Vinegar)

Apple Cider Vinegar (ACV) atau cuka apel juga dianggap sebagai cara alami menghilangkan flek hitam di pipi dan wajah secara keseluruhan. Sebaiknya jangan gunakan langsung ACV pada kulit, karena efeknya cukup keras.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam:

Campurkan cuka apel dan air dalam jumlah yang sama dalam mangkuk. Aduk rata dan oleskan pada flek hitam. Kita juga bisa mencoba mencampurkan beberapa tetes jus lemon dengan cuka.

Resep lainnya adalah dengan mencampur tiga sendok makan jus jeruk dan ½ sendok makan cuka. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembab. Jangan lupa gunakan sunscreen.

Bawang Merah

Tidak hanya berguna untuk bumbu masak, bawang merah ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi bintik hitam akibat jerawat. Ekstrak bawang merah adalah bahan dalam beberapa krim pemutih kulit dan bekas luka yang tersedia secara komersial. Penelitian telah menemukan bahwa kulit bawang merah yang dikeringkan secara efektif dapat mencerahkan kulit.

Cara menggunakan bawang merah untuk menghilangkan flek hitam:

Cari krim untuk hiperpigmentasi yang mengandung bawang merah (Allium cepa) dan gunakan sesuai petunjuk. Cara lainnya adalah, potong bawang merah dan gosokkan langsung kepada flek hitam di kulit, lalu bilas setelah beberapa saat. Lakukan dua atau tiga kali sehari.

Teh Hijau

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi saat dioleskan ke kulit. Karenanya, teh hijau kerap dianggap sebagai Cara menghilangkan flek hitam secara alami.

Kita bisa membeli ekstrak teh hijau dan menerapkannya sesuai petunjuk. Beberapa situs menyarankan untuk mengoleskan kantong teh hijau kepada flek hitam untuk efek pencerahan, meskipun tidak ada bukti yang mendukung klaim ini.

Cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan bekas jerawat:

Seduh kantong teh hijau dalam air mendidih selama tiga hingga lima menit. Keluarkan kantong teh dari air dan dinginkan. Gosokkan kantong teh pada wajah. Ulangi dua kali sehari sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pepaya Muda

Pepaya memiliki enzim yang disebut papain, yang dapat menyeimbangkan warna kulit dan mengeksfoliasi kulit. Pepaya juga banyak digunakan sebagai scrub untuk memutihkan kulit siku dan lutut.

Cara menggunakan pepaya muda untuk menghilangkan flek hitam:

Kupas dan buang biji dari pepaya hijau. Selanjutnya, gunakan blender atau food processor untuk menghancurkan daging pepaya hingga membentuk pasta (jangan tambah air). Oleskan pasta di wajah dan leher dan diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembab favorit. Lakukan di pagi hari dan sebelum tidur.

Sebagai alternatif, cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel menggunakan pepaya adalah dengan menggabungkannya dengan jus jeruk nipis.

Buttermilk

Buttermilk adalah sejenis minuman susu fermentasi. Buttermilk adalah cairan encer, tidak berlemak, tetapi kaya rasa yang tersisa setelah membuat mentega, penuh dengan gizi yang sehat dan lezat, yang berkembang secara alami ketika krim dibiarkan pada suhu kamar selama beberapa jam.

Sebagai bahan perawatan kulit untuk flek hitam, buttermilk dapat menghilangkan bintik hitam tanpa menyebabkan efek menyengat pada kulit. Asam laktat yang ada dalam buttermilk bertindak sebagai asam alfa hidroksi yang membantu mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan bintik hitam.

Cara menggunakan buttermilk untuk menghilangkan flek hitam:

Campur empat sendok teh buttermilk dengan dua sendok teh jus tomat menjadi satu. Oleskan ke kulit, biarkan selama 15 menit sebelum mencuci muka.

Pasta Tomat

Tomat membantu meningkatkan produksi kolagen, melawan radikal bebas, dan mencegah bintik hitam. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The British Journal of Dermatology pada tahun 2011 menemukan bahwa pasta tomat yang kaya likopen melindungi kulit dari aspek kerusakan foto jangka pendek dan jangka panjang.

Peserta yang berpartisipasi penelitian mengonsumsi 55 gram pasta tomat yang dicampur minyak zaitun setiap hari selama 12 minggu. Pasta tomat merupakan minuman untuk menghilangkan flek hitam yang layak dicoba.

Cara menghilangkan flek hitam dengan pasta tomat:

Hancurkan satu buah tomat yang besar dan matang, campurkan dengan minyak zaitun, lalu minum. Ulangi setiap hari.

Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan kurkumin yang melawan radikal bebas dan mencerahkan flek hitam. Karena itulah, kunyit sering digunakan sebagai bagian dari regime untuk menghilangkan flek hitam di hidung dan wajah yang membandel.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan kunyit:

Campurkan dua sendok makan air beras, dua sendok makan tepung terigu, dan satu sendok teh kunyit yang sudah dihaluskan dalam mangkuk, aduk sampai rata. Oleskan pasta ke wajah yang ternodai oleh bintik hitam, biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembab favorit yang biasa dipakai.

Kayu Cendana

Tanaman yang wangi ini mengandung manfaat antiseptik, anti inflamasi, dan anti penuaan. Selain itu juga dapat mengurangi pigmentasi kulit, bekas luka, dan flek hitam.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan kayu cendana (sandalwood):

Campurkan satu sendok teh bubuk kayu cendana, satu sendok teh kulit jeruk, dan air jeruk secukupnya. Campur bahan menjadi satu dalam mangkuk, aduk hingga menjadi pasta. Oleskan ke wajah dan leher, biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan ikuti dengan serum dan pelembab yang biasa dipakai. Ulangi perawatan ini satu hingga dua kali seminggu.

Mentimun

Mentimun mengandung banyak vitamin penting seperti vitamin A, B5, C, E, dan K, yang membantu memudarkan flek hitam, lingkaran hitam, dan noda akibat matahari dengan meningkatkan produksi kolagen. Selain untuk merawat mata dan memudarkan mata panda, mentimun juga sering digunakan untuk merawat flek hitam dan bekas jerawat di wajah.

Cara menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan mentimun:

Iris dan hancurkan mentimun, lalu oleskan di wajah untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam selama sekitar 20 menit. Ulangi setiap hari.

Baking Soda (Soda Kue)

Soda kue atau baking soda adalah keperluan dapur biasa dengan kegunaan yang luar biasa, termasuk kemampuan untuk membantu menyembuhkan bekas luka, termasuk bekas jerawat. Baking soda terdiri dari kristal natrium bikarbonat yang dengan lembut mengelupas kulit saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Cara menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan baking soda:

Campurkan beberapa sendok teh soda kue dengan air secukupnya untuk membentuk pasta kental lalu pijatkan ke kulit yang terdapat bekas luka atau bekas jerawat. Setelah dioleskan, diamkan selama satu atau dua menit. Ini akan memungkinkan baking soda membersihkan pori-pori dan membantu mencegah noda lebih lanjut. Setelah beberapa menit, basuh wajah dengan air hangat dan oleskan pelembap alami yang baik seperti, jojoba, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

Minyak Kelapa / Virgin Coconut Oil (VCO)

Minyak kelapa murni — maksudnya di sini adalah virgin coconut oil (VCO) — berada di urutan teratas dalam hal pelembab alami dengan khasiat penyembuhan. Mengoleskan minyak kelapa ke kulit dapat membunuh bakteri penyebab jerawat dan meningkatkan kelembapan, yang juga dapat mengurangi jaringan parut jerawat. Namun, minyak kelapa bisa menjadi masalah bagi orang dengan kulit sangat berminyak. Namun jika kulit kita termasuk kering, perawatan dengan minyak kelapa boleh dicoba.

Cara menghilangkan bekas jerawat di wajah dengan minyak kelapa / VCO:

Tuangkan satu sendok makan minyak kelapa murni ke tangan. Dengan ujung jari, pijat minyak langsung ke kulit yang bekas luka dan biarkan meresap. Jika nyaman tanpa dibilas, biarkan minyak kelapa tanpa dibilas karena vitamin dan asam lemak esensia. Namun jika terasa terlalu berminyak, diamkan 30 menit sebelum mencuci wajah dengan sabun lembut.

Madu

Madu membantu proses penyembuhan tubuh, termasuk membantu memudarkan bekas jerawat. Kita dapat menggunakan madu sebagai perawatan noda pada bekas luka, mengoleskannya setiap hari atau setiap hari sebagai pasta di lokasi bekas luka dan flek hitam bekas jerawat. Kita bisa menggunakan madu sebagai masker secara rutin. Bahan pelembab ini dengan lembut mengelupas kulit dan mencerahkan pigmentasi kulit.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu:

Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu manuka atau jenis madu murni yang tidak dipasteurisasi ke wajah. Jika mau, encerkan madu dengan air murni agar tidak terlalu lengket dan lebih mudah dihilangkan. Biarkan madu di kulit selama beberapa menit sebelum dibilas.

Alternatif lain untuk menghilangkan flek hitam di wajah dengan madu: Hancurkan dua atau tiga tablet aspirin menjadi bubuk, campurkan dengan dua sendok teh madu hingga menjadi pasta. Oleskan masker madu tersebut pada flek hitam dan bekas jerawat, diamkan selama 15 menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat. Ulangi sekali sehari.

Air Lemon

Air lemon mengandung asam sitrat, yang memiliki efek pencerah kulit yang lembut. Ketika digunakan secara rutin, air lemon dapat secara perlahan mengurangi bintik-bintik hitam dan bekas jerawat dengan memecah pigmentasi melanin dan mencegah produksi melanin berlebih.

Ada beberapa cara untuk menggunakan air lemon sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat. Jika kulit kita sensitif, sebaiknya hindari menggunakan air lemon.

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah dengan air lemon:

Cara pertama: Campurkan 2-3 tetes minyak kelapa dan 2-3 tetes jus lemon dan lakukan massage pada wajah dengan campuran ini. Biarkan selama 20-25 menit, dan bilas dengan air hangat. Oleskan sekali sehari. Antioksidan dalam minyak kelapa mengurangi kerusakan akibat sinar matahari dan polusi. Minyak kelapa juga melembabkan kulit.

Cara kedua: Campurkan satu sendok teh kunyit halus dengan ½ sendok teh air jeruk lemon dan dan sendok makan susu hingga menjadi pasta encer. Oleskan pasta dan biarkan mengering selama sekitar 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu, dan kunyit akan mencerahkan warna kulit, dan membantu jus lemon mengurangi flek hitam.

Cara ketiga: Campurkan air lemon dengan satu sendok teh soda kue untuk membentuk pasta. Oleskan ke flek hitam, dan biarkan selama 3-4 menit sebelum membasuh wajah. Lakukan ini setiap hari. Soda kue mengelupas lapisan atas kulit, dan jus lemon bekerja melunturkan flek hitam.

Kentang

Kentang yang enak dimakan ini mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin B6, vitamin C, seng, kalium, dan fosfor, yang membantu pengelupasan kulit mati, meningkatkan produksi kolagen, dan membantu pertumbuhan sel-sel kulit baru. Tidak banyaj orang tahu bahwa kentang mencerahkan bintik hitam.

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah dengan kentang:

Cara menggunakan kentang adalah dengan mengiris kentang dan meletakkannya tepat di atas flek hitam di wajah. Biarkan selama beberapa menit sebelum membasuh wajah dengan air hangat.

Cara lainnya adalah, parut kentang dan campur dengan madu. Oleskan ke wajah, khususnya tempat di mana flek hitam dan bekas jerawat berkumpul, dan biarkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat. Ulangi setiap hari.

Susu

Susu, buttermilk, dan bahkan susu asam semuanya terbukti efektif meringankan perubahan warna kulit. Asam laktat adalah bahan yang memberikan efek mencerahkan ini. Oleskan produk kaya asam laktat ini pada kulit untuk mencegah pigmentasi kulit dan memudarkan flek hitam di wajah.

Cara alami menghilangkan flek hitam di wajah dengan susu:

Rendam bola kapas di dalam susu. Kompreskan pada wajah, khususnya di tempat berkumpulkan flek dan bekas jerawat. Lakukan dua kali sehari, pagi dan sore. Ulangi setiap hari sampai hasilnya terlihat.

Yogurt dan Peterseli

Produk susu sehat ini membantu melembutkan, melembabkan, dan mengencangkan kulit. Kita juga bisa menggunakan yogurt untuk mencerahkan flek hitam dan memberi kilau alami pada wajah.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dengan yogurt dan peterseli:

Campurkan satu cangkir peterseli cincang, 1/2 sendok teh soda kue, dan satu sendok makan yogurt dalam mangkuk kaca. Campur hingga rata dan membentuk pasta. Oleskan pasta ke wajahdan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas. Bilas dengan air hangat dan akhiri dengan serum dan pelembab yang biasa dipakai. Ulangi dua kali seminggu.

Oatmeal

Tak hanya enak untuk sarapan, oatmeal ternyata memiliki efek anti inflamasi dan menggunakannya sebagai scrub kulit dapat membantu memudarkan flek hitam dan bekas jerawat, serta mendapatkan kulit yang lebih bersih.

Cara mudah menghilangkan flek hitam di wajah dengan oatmeal:

Haluskan dengan blender setengah cangkir oatmeal dan tambahkan 1-2 sendok teh jus lemon sehingga membentuk pasta. Gosokkan pasta dengan lembut ke wajah. Diamkan selama 15 menit dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali atau dua kali.

Walaupun kita bicara tentang cara menghilangkan flek hitam secara alami, sangat penting untuk menggunakan pengobatan kecantikan buatan sendiri ini dengan hati-hati. Oleskan sedikit ke wajah dan biarkan sebentar, lalu lanjutkan ke jumlah yang lebih besar dan waktu yang lebih lama sampai kulit kita bisa mengatasinya. Hal ini dilakukan untuk mengetes reaksi kulit kita terhadap bahan yang digunakan.

Jika merasakan ketidaknyamanan, perih, atau sensasi terbakar, segera bilas wajah dengan campuran dengan air hangat. Saat kita menggunakan pengobatan alami ini untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat, batasi juga paparan dengan sinar matahari. Ingatlah bahwa sunscreen dengan perlindungan UVA dan UVB adalah salah satu kunci mendapatkan wajah yang cerah dan bebas flek hitam. Pakailah sunscreen baik di luar maupun di dalam ruangan.

Demikian pembahasan mengenai informasi kesehatan “Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami” dengan makanan sehat. Baca juga artikel lainnya seperti cara menghilangkan jerawat secara alami dan cara menghilangkan mata panda secara alami hanya di Info Pasien.

Retno Wulandari
"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui."