20 Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami

Artikel ini terakhir di perbaharui May 29, 2021 by Rinaldi Syahran
20 Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami
Cara Menghilangkan Karang Gigi secara Alami (Jonathan Borba/Unsplash)

Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami – Karang gigi ialah sisa bahan konsumsi yang menempel pada gigi Anda. Apabila karang gigi dibiarkan, maka akan berdampak berbahaya terhadap kondisi kesehatan gigi dan tubuh Anda. Beberapa penelitian yang telah dipublikasikan mengungkapkan bahwa karang gigi dapat membuat gigi Anda jadi goyang dan lepas, dan karang gigi acapkali dihubungkan dengan risiko atas penyakit jantung.

Sampai dengan waktu ini, sebagian orang masih banyak yang belum paham perihal karang gigi dan juga cara membersihkannya. Karang gigi memiliki tekstur yang keras, dan melekat erat pada permukaan gigi Anda. Oleh karena itu, karang gigi hanya dapat dibersihkan dengan cara alami pada saat kondisinya masih lunak atau dinamakan plak gigi.

Apabila sudah keras, karang gigi tak bisa dibersihkan dengan cara alami. Ada pun karang gigi hanya bisa dibersihkan menggunakan alat khusus medis, yang hanya boleh dioperasikan oleh dokter gigi. Jadi, apabila Anda ingin membersihkan karang gigi yang keras, maka pergi ke dokter gigi.

Ada pun disarankan untuk rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali, alih-alih mencoba membersihkannya sendiri. Namun, jika Anda ingin tetap mencobanya, berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami yang telah Info Pasien rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Sering menyikat gigi adalah salah satu cara menghilangkan karang gigi secara alami. Terutama untuk karang gigi yang warnanya masih putih. Banyak ahli yang menyarankan untuk menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Anda juga perlu menyikat gigi selama 2 menit.

Banyak orang yang menyikat gigi dengan sangat cepat dan hanya dalam hitungan detik. Ini akan membuat kegiatan menyikat gigi menjadi tidak efektif karena kotoran dan plak masih menempel di gigi. Kamu direkomendasikan untuk menyikat gigi selama 30 detik di setiap bagian, yaitu kanan, kiri, depan, dan dalam. Jika dilakukan dengan benar maka kegiatan menyikat gigi akan tepat dua menit.

Sikat Gigi dengan Benar

Walaupun sering menyikat gigi, jika dilakukan dengan cara yang salah maka kamu hanya akan membuang waktumu saja. Kamu perlu menyikat gigi dengan cara gerakan memutar dari atas ke bawah. Kamu perlu memastikan kalau setiap bagian di gigi sudah tersikat agar semua kotoran hilang. Lakukan mulai dari gigi geraham dari kanan atau kiri. Jangan menyikat gigi terlalu keras atau menekan gigi karena akan membuat enamel gigi terkikis dan gigimu akan menjadi sensitif. Kamu tidak perlu menyikat gigi dengan sekuat tenaga.

Bersihkan dengan Benang Khusus Gigi

Karena menyikat gigi hanya sama pada permukaannya saja dan tidak menyentuh sela-sela gigi, maka kamu harus menggunakan benang agar semua plak bisa hilang. Karena plak sering ditemukan di bagian sela gigi atau gusi. Kegiatan membersihkan gigi dengan benang ini disebut juga sebagai dental floss.

Benang gigi bekerja dengan baik dalam membersihkan sela dan bagian dalam gigi yang tidak terjamah sikat gigi. Sering membersihkan gigi dengan dental floss juga akan menghindari penyakit gusi dan bau mulut. Dental floss biasanya dilakuakn setelah menyikat gigi.

Bersihkan dengan Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi secara alami selanjutnya adalah dengan baking soda.  Kamu bisa membersihkan karang gigi yang menempel dengan menyikat gigi menggunakan baking soda. Cara ini juga dikatakan lebih aman dicoba.

Soda kue dikatakan bisa menghilangkan plak di gigi tanpa merusak enamel gigi. Dikatakan juga kalau pasta gigi yang mengandung cukup banyak soda kue bisa menghilangkan plak lebih banyak. Kandungan soda kue juga dapat melindungi gigi dari hilangnya kalsium dan email. Bahan ini juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah kerusakan gigi.

Bersihkan Lidah

Ada sekitar 50% bakteri di mulut yang bersarang di lidah. Itulah mengapa membersihkan lidah penting bagi kesehatan gigi. Air liur dan bakteri bisa membentuk plak di lidah yang sayangnya tidak bisa dihilangkan hanya dengan membilasnya dengan air maupun obat kumur.  Cara paling efektif untuk menghilangkannya adalah dengan menyikat lidah kamu. Gosok lidah dari bagian pangkal dan tarik perlahan ke depan. Jangan digosok bolak-balik dan lakukan beberapa kali sampai benar-benar bersih.  Bersihkan juga samping lidah lalu kumur-kumur sampai bersih.

Pilih Sikat Gigi yang Tepat

Menggunakan pasta dan sikat gigi yang sesuai akan membantu dalam menghilangkan karang gigi. Kamu bisa memiliki sikat gigi yang lembut dan halus serta sesuai dengan ukuran mulut kamu. Jangan pilih yang terlalu besar ataupun kecil. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman supaya kamu dapat menyikat gigi dengan teknik yang tepat. Pilih pasta gigi dengan fluoride karena dapat membantu membersihkan plak karena karang gigi. Fluoride dapat melindungi dan menjaga permukaan gigi.

Gunakan Obat Kumur

Menggunakan mouthwash atau obat kumur adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami lainnya yang bisa dilakukan. Obat kumur membantu dalam menghilangkan plak, kotoran, dan sisa makanan. Obat kumur juga bisa membantu dalam membuat napas lebih segar.

Namun jangan gunakan obat kumur yang memuat alkohol karena bisa membuat mulut kering dan pastikan obat kumur tersebut sudah BPOM. kamu bisa berkumur setelah sikat gigi dan gunakan sesuai yang dianjurkan. Terlalu banyak menggunakan obat kumur bisa menyebabkan overdosis dan efek samping.

Berhenti Merokok

Bukan hanya merusak jantung dan paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan masalah pada gigi juga mulut. Termasuk karang gigi. Kandungan dalam rokok dapat membuat karang gigi semakin banyak dan bahkan bisa berubah menjadi warna hitam pekat. Berhenti merokok adalah cara menghilangkan karang gigi secara alami yang tepat. Kamu bisa meminta bantuan dari teman dekat maupun kerabat dalam berhenti merokok.

Banyak Minum Air Putih

Jika ingin karang gigi hilang dan tidak semakin parah, maka kamu bisa lebih banyak mengkonsumsi air putih. Karena dengan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini dapat meningkatkan produksi air di mulut yang membantu dalam menjaga kelembaban mulut dan membantu merontokkan plak juga sisa makanan di gigi. Enzim yang ada pada air liur dapat membantu melawan bakteri yang bisa menginfeksi mulut. Bagi yang tidak suka dengan rasa air putih, kamu bisa menambahkan irisan buah segar maupun rempah dalam air putih agar lebih nikmat.

Bijak di Dalam Memilih Makanan

Memilih makanan yang baik dapat membantu membersihkan karang gigi karena apapun yang kamu konsumsi akan sangat berpengaruh pada perkembangan bakteri dan plak. Semakin manis atau asam makanan akan semakin banyak bakteri yang berkembang biak. Bakteri, plak, dan sisa makanan yang dibiarkan akan menjadi karang gigi. Itulah mengapa sangat penting untuk mengurangi makanan dan minuman manis.

Berkumur dengan Minyak Kelapa

Oil pulling adalah cara yang cukup mudah dalam menghilangkan bakteri di mulut. Kegiatan ini adalah terapi tradisional yang berasal dari India. Terapi ini dilakukan dengan minyak tertentu lalu berkumur selama 10 menit setiap harinya supaya mendapat manfaatnya. Minyak kelapa banyak dipilih karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi. Bukan hanya itu, minyak kelapa juga memiliki asam laurat, asam lemak, dan antimikroba.

Pada studi di tahun 2015, terdapat 60 remaja yang menderita gingivitis dan setelah melakukan oil pulling ini ditemukan kalau minyak kelapa telah menurunkan plak gigi sebanyak 50%. Gejala gingivitis juga terkurangi secara signifikan. Peneliti percaya hal ini terjadi karena plak gigi yang berkurang.

Kamu dapat melakukan oil pulling dengan cara meletakkan satu sendok minyak kelapa di mulut lalu kumur-kumur selama 5-10 menit. Setelah itu buang minyak kelapa tetapi hindari wastafel karena dapat menyumbat pipa. Kamu juga bisa memilih jenis minyak lainnya seperti minyak zaitun, almond, dan minyak wijen.

Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Rutin mengonsumsi buah dan sayur dapat membuat karang gigi berkurang. Karena mengonsumsi buah yang banyak bisa membuat produksi air liur jadi lebih banyak dan permukaan gigi jadi lebih bersih. Buah dan sayur yang memiliki banyak vitamin juga bisa membuat gusi lebih sehat.

Kunyah Permen Karet Bebas Gula

Mengunyah permen karet yang bebas dari gula dapat membuat produksi air liur di dalam mulut Anda menjadi meningkat sehingga sisa makanan di gigi bisa mudah dibersihkan. Mineral gigi yang hilang dan pH di mulut yang tidak normal juga bisa kembali dengan menerapkan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini.

Kunyah Daun Sirih

Selanjutnya, mengunyah daun sirih telah dipercaya sejak lama sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami. Zaman dahulu orang-orang sering mengunyah daun sirih. Meski gigi mereka kuning, ternyata gigi mereka jauh lebih sehat dan kuat. Daun sirih juga dipercaya berfungsi dalam menghilangkan bau yang ada pada mulut.

Manfaatkan Jus Lemon

Bukan hanya untuk diminum saja, jus lemon juga bagus untuk menghilangkan karang di gigi. Kadar asam yang tinggi pada lemon dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Kamu bisa menggunakan air perasan lemon untuk menyikat gigi. Jangan gunakan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini terlalu sering karena bisa menyebabkan erosi gigi.

Pakai Sikat Gigi Elektrik

Sebuah studi yang berkaitan dengan kesehatan gigi mengatakan kalau sikat gigi elektrik lebih efektif dalam menghilangkan karang gigi dibandingkan dengan sikat gigi manual. Gunakan sikat gigi elektrik yang sudah lulus uji kontrol kualitas dan keselamatan yang baik.

Pakai Ramuan Lidah Buaya, Lemon, Gliserin, Baking Soda

Bukan hanya dengan garam, baking soda juga bagus digabungkan dengan lidah buaya, lemon, dan gliserin. Kamu bisa mencampurkan setengah gelas baking soda dengan satu sendok teh gel lidah buaya, 4 sendok teh gliserin sayuran, dan beberapa tetes essential oil lemon. Kamu bisa menggunakan perpaduan ini sebagai cara menghilangkan karang gigi secara alami.

Gosokkan Kulit Jeruk ke Gigi

Carefree Dental mengatakan kalau kulit jeruk dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan karang gigi. Kamu juga bisa melakukan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini dengan mudah, yaitu dengan menggosokkan kulit jeruk ke gigi agar karang gigi hilang. Kamu juga bisa menumbuknya terlebih dahulu lalu meletakkannya pada gigi yang kuning. Diamkan selama beberapa saat dan gigi kamu akan terlihat lebih putih.

Gunakan Cuka Putih

Menggunakan cuka putih adalah cara yang alami dalam rangka usaha Anda dalam menghilangkan karang gigi. Bloor West Smiles Dental menyarankan untuk berkumur menggunakan air hangat, garam, dan cuka putih. Lakukan cara menghilangkan karang gigi secara alami ini dalam kurun waktu sekali sehari agar asam alami yang ada dari cuka putih bisa membunuh bakteri dengan efektif dan menghilangkan infeksi

Mengonsumsi Buah yang Kaya akan Vitamin C

Dengan mengonsumsi makanan sehat berupa buah yang di dalamnya memiliki banyak kandungan vitamin C akan membantu Anda di dalam usaha untuk menghilangkan karang gigi. Anda dapat memilih buah seperti lemon, stroberi, dan juga jeruk. Buatlah pasta dari buah yang telah disebutkan. Cara membuat pasta adalah dengan menghaluskan buah yang sudah Anda pilih kemudian mencelupkan sikat gigi ke dalamnya. Gunakan pasta buah tersebut untuk menggosok gigi selama 2 menit. Cara menghilangkan karang gigi secara alami ini cukup mudah untuk dilakukan.

Apabila dengan cara menghilangkan karang gigi secara alami tidak mempan, maka Anda harus bertemu dokter gigi. Namun, akan lebih baik apabila rutin bertemu dokter gigi. Tindakan ini ialah penting. Disarankan untuk tidak hanya datang apabila gigi dalam kondisi berlubang saja atau cara menghilangkan karang gigi secara alami mengalami kegagalan. Dengan rutin melakukan pertemuan ke dokter gigi, maka akan membantu Anda dalam membersihkan karang gigi yang sudah ada di gigi.

Beberapa teknik yang biasa digunakan oleh dokter gigi dalam menghilangkan karang gigi adalah teknik manual dan, teknik scaling gigi. Teknik manual yang dipraktikkan oleh dokter gigi dapat menjangkau bagian di bawah gusi. Namun, teknik ini mempunyai kekurangan yang biasanya kurang disukai pasien, yakni memakan waktu terlalu banyak dalam pengaplikasiannya.

Teknik selanjutnya adalah scaling gigi. Tindakan medis ini dilakukan memanfaatkan getaran dengan kecepatan tinggi. Dengan menggunakan tindakan medis ini, waktu yang digunakan menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan teknik manual. Namun, efek samping dari tindakan medis ini akan membuat permukaan gigi Anda menjadi lebih kasar.

Pembersihan karang gigi memanfaatkan teknik scaling guna mencegah radang gusi dan juga periodontitis. Disarankan untuk tetap menjaga kebersihan gigi setelah tindakan medis ini selesai diterapkan ke gigi Anda. Itu dia penjelasanya yang selengkapnya mengenai artikel cara menghilangkan karang gigi secara alami. Jangan lupa untuk menantikan artikel dan informasi kesehatan lainnya dari Kami seperti obat sakit gigi alami, cara menghilangkan jerawat secara alami, dan cara menghilangkan bau mulut secara alami.

Rinaldi Syahran
Homo Homini Lupus!