36 Cara Menghilangkan Komedo Membandel

Artikel ini terakhir di perbaharui May 29, 2021 by Rinaldi Syahran
36 Cara Menghilangkan Komedo Membandel
Cara Menghilangkan Komedo Membandel (Amanda Dalbjörn/Unsplash)

Cara Menghilangkan Komedo Membandel – Komedo ialah jenis jerawat yang terjadi saat minyak kulit wajah dan sel kulit mati menghambat pori-pori muka. Ada dua jenis komedo, yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Keduanya, sama-sama terjadi karena tersumbatnya pori-pori.

Perbedaannya terletak pada tertutup atau tidaknya bagian permukaan. Permukaan whitehead tertutup kulit sehingga putih, sedangkan permukaan blackhead tidak tertutup sehingga teroksidasi dan berwarna hitam. Masalah komedo di wajah bisa mengganggu. Wajah Anda menjadi kusam dan gelap. Kondisi ini mengakibatkan rasa pede turun. Berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo yang sudah Info Pasien rangkumkan untuk Anda.

Rutin Bersihkan Wajah

Cara menghilangkan komedo secara alami yang paling utama adalah dengan rajin membersihkan wajah. Kamu direkomendasikan untuk mencuci wajah sebanyak dua kali sehari, yaitu pagi dan malam. Bukan hanya itu, kamu juga disarankan untuk mencuci wajah setelah melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat. Ini dilakukan untuk menghilangkan keringat di wajah yang bisa menyumbat pori-pori. Namun jangan terlalu sering membersihkan wajah karena akan meningkatkan pembuatan minyak di wajah yang bisa menyebabkan komedo dan jerawat lebih banyak.

Pilih Sabun Wajah dengan Kandungan Asam Salisilat

Tindakan ini berhubungan dengan cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama. Anda direkomendasikan untuk mencuci wajah dengan sabun wajah yang memiliki kandungan asam salisilat. Zat ini adalah substansi yang bisa menghilangkan komedo karena membantu dalam menghilangkan minyak juga sel kulit mati yang bisa menyumbat pori.

Rajin membersihkan wajah menggunakan kandungan ini juga bisa membersihkan kulit wajah dari kotoran, minyak, makeup, dan lainnya yang ada di wajah. Kamu disarankan untuk menggunakannya sehari sekali.

Lakukan Ekstraksi Komedo

Banyak yang mengatakan kalau mengangkat komedo secara langsung dapat membuat wajah menjadi lebih buruk. Itu memang benar jika dilakukan pada jerawat atau komedo yang sedang meradang di sekitar hidung. Tindakan ini akan membuatnya semakin parah. Kamu dapat menggunakan tenaga ahli dalam melakukan kegiatan ini.

Gunakan Losion Retinoid

Losion retinoid adalah losion yang memiliki kandungan vitamin A. Gunanya adalah membersihkan sumbatan yang ada di pori-pori wajah. Dengan ini kulit kamu bisa membentuk sel kulit baru. Inilah mengapa losion retinoid bagus untuk menghilangkan komedo. Diharapkan untuk menggunakan losion ini di malam hari karena sensitivitasnya terhadap matahri.

Gunakan Sikat Pembersih Pori Kulit

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya adalah menyikat muka dengan sikat pembersih wajah. Ini dapat membantu menghilangkan komedo juga memperlambat penuaan. Disarankan untuk menghidrasi kulit sehabis melakukannya karena dapat mengeringkan kulit. Gunakan pelembab favorit kamu.

Gunakan Masker Wajah secara Teratur

Anda bisa menghilangkan komedo dengan sering menggunakan masker wajah. Gunakan clay mask ataupun charcoal mask untuk membersihkan pori wajah. Clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah dan terbukti bisa mengangkat minyak di wajah.

Inilah mengapa masker ini bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Masker ini juga punya struktur yang lebih lembut daripada pori wajah sehingga bisa mengangkat sel kulit mati. Namun banyak orang yang bisa alergi dengan masker ini, jadi perlu dilihat terlebih dahulu kandungan di dalamnya.

Sementara itu, charcoal mask adalah masker yang dibuat dari arang. Masker ini bisa membersihkan kulit wajah. Cara kerjanya hampir sama dengan clay mask yang berkerja ke dalam kulit untuk menarik minyak dan kotoran di wajah.

Terapi Chemical Peeling

Chemical peeling adalah terapi untuk menunda penuaan karena bisa menghilangkan tanda penuaan. Bukan hanya itu, terapi ini sangat bagus untuk menghilangkan komedo. Chemical peeling adalah terapi dimana kulit mati akan diangkat sampai ke lapisan terdalamnya. Kulit kamu akan terlihat lebih cerah dan bercahaya setelahnya.

Gunakan Produk Non-komedogenik

Supaya komedo tidak terbentuk, perlu diperhatikan kandungan produk yang digunakan pada wajah. Meski kamu sudah mencoba berbagai cara menghilangkan komedo secara alami seperti membersihkan wajah, menggunakan masker, dan melakukan terapi, jika tidak diikuti dengan produk wajah yang komedogenik maka semua akan sia-sia. Non-komedogenik berarti produk itu tidak akan membantu dalam pembentukan komedo di wajah. Tidak semua produk non-komedogenik, itu mengapa perlu dibaca label komposisi pada produk.

Jangan Tidur dengan Make-up

Sebelum tidur, kamu perlu menghapus semua makeup sampai bersih. Karena kebiasaan tidak membersihkan makeup sebelum tidur dapat menimbulkan komedo yang akan semakin sulit untuk dihilangkan. Jadi, hapus make up sebelum tidur.

Aplikasikan Minyak Kelapa

Dilansir dari Medical News Today, minyak kelapa dapat membantu menghilangkan komedo di wajah jika digunakan sebagai pembersih wajah. Bahan ini sangat bagus dalam menghilangkan polutan dan bahan makeup yang bisa menyumbat pori-pori. Kamu hanya perlu mengoleskannya pada komedo dan tunggu beberapa saat sampai meresap. Kamu bisa mengulanginya sebanyak dua kali dalam sehari. Kamu juga dapat menggunakan minyak zaitun sebagai penggantinya.

Gunakan Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah minyak yang ampuh dalam menghilangkan minyak di kulit yang bisa membuat pori-pori tersumbat dan menimbulkan komedo. Tea tree oil bersifat non-komedogenik sehingga bisa menghilangkan komedo. Anda bisa mengoleskannya pada bagian yang berkomedo. Anda bisa mencampurkannya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun agar lebih ampuh lagi.

Pakai Oatmeal

Dari Journal of Drugs in Dermatology, makanan sehat bernama oatmeal punya sifat antiinflamasi, bisa mengelupas kulit, dan menyejukkan kulit. Bahan ini bermanfaat dalam menghilangkan komedo. Anda bisa menerapkan cara menghilangkan komedo secara alami ini dengan mencampur dua sendok oatmeal dengan 3 sendok yogurt dan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah itu oleskan ke kulit yang sudah lembab selama 15 menit.

Manfaatkan Putih Telur

Putih telur bisa membantu dalam pengencangan kulit juga menghilangkan komedo. Anda perlu mencampurkan putih telur dengan 2 sendok makan lemon lalu dioleskan ke kulit yang bersih dengan kuas. Biarkan masker mengering dan oleskan lagi. Setelah 20 menit, bilas.

Gunakan Gula

Gula berguna sebagai eksfoliator alami yang bisa menghilangkan sel kulit di permukaan paling luar. Ini membantu dalam menghilangkan komedo. Anda bisa mencampurkan gula dengan minyak yang baik untuk kulit, seperti minyak zaitun, almond, atau jojoba. Setelah masker kering, Anda bisa membilasnya. Gunakan cara menghilangkan komedo secara alami ini dalam kurun waktu seminggu sekali untuk menghilangkan komedo atau 2 kali seminggu untuk kulit yang berminyak.

Aplikasikan Lemon

Lemon dikatakan bisa mengecilkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Air lemon juga membantu dalam menghilangkan bekas jerawat pada kulit. Anda bisa menggunakan bahan ini dengan cara yang cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan air lemon ke kulit dan biarkan kering. Lalu cuci muka kamu dengan air hangat. Anda bisa mengulangi cara menghilangkan komedo secara alami ini sebanyak 2-3 kali seminggu

Oleskan Kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu dalam menghilangkan kulit berjerawat dan komedo. Cara menggunakannya adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu kulit di bawah sinar matahari. Setelah itu jadikan sebagai bubuk halus.

Campurkan 1 sendok makan bubuk jeruk dengan 2 sendok air mawar. Setelah menjadi pasta, oleskan ke wajah yang berkomedo dan tunggu sampai mengering. Gosok dengan tangan basah dan cuci muka dengan air. Lakukan cara menghilangkan komedo secara alami ini secara terus menerus sampai komedo hilang.

Tangkal dengan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat antibiotik yang bisa menangkal semua gangguan kulit. Tanaman ini bisa mengencangkan kulit, mengontrol minyak berlebih, dan membersihkan pori-pori sehingga komedo tidak terbentuk. Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya dan tunggu selama 15 menit lalu cuci muka.

Hilangkan dengan Stroberi

Stroberi memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang bisa mengangkat sel kulit mati dan mengontrol produksi minyak berlebih. Ada juga asam salisilat dalamnya yang bisa membersihkan pori-pori dan menghilangkan komedo. Campurkan masker stroberi dengan air lemon lalu oleskan ke wajah. Setelah 15 menit, Anda bisa membilasnya.

Oleskan Mentimun

Mentimun memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi sehingga bagus dalam menghilangkan komedo. Cara menggunakannya adalah dengan mengambil setengah buah timun, 1 sendok air lemon, dan 1 sendok daun mint. Jadikan satu dengan blender lalu masukan ke lemari es selama 10 menit. Oleskan di wajah dan tunggu selama 15 menit. Bilas dengan air hangat dan ulangi cara menghilangkan komedo secara alami ini sebanyak seminggu sekali.

Memakai Madu

Madu bisa membantu menjaga kulit agar tetap lembab, jadi penyumbatan pori karena sel kulit mati akan terhindar. Madu juga bisa menghilangkan komedo. Kamu bisa mengoleskannya ke kulit yang berkomedo lalu dibiarkan selama 20 menit. Bilas setelah selesai dan ulangi cara menghilangkan komedo secara alami ini sebanyak 3-4 kali seminggu.

Menggunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dan minyak kelapa. Campurkan setengah cangkir minyak kelapa ke setengah cangkir bubuk kopi. Setelah menjadi pasta, aplikasikan ke wajah. Pijat wajah secara perlahan dan tunggu selama 5 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Ulangi cara menghilangkan komedo secara alami ini setidaknya sebanyak seminggu sekali.

Memanfaatkan Campuran Es Batu dan Jeruk Nipis

Peras jeruk nipis lalu rebus air tersebut. Setelah mendidih masukkan ke freezer dan jadikan es batu. Anda bisa menekannya ke bagian yang berkomedo. Pastikan sebelum mengaplikasikannya, Anda sudah membersihkan wajah terlebih dahulu.

Oleskan Teh hijau

Teh hijau mempunyai sifat antioksidan dimana dapat membantu dalam mengurangi peradangan dan membersihkan komedo. Seduh teh hijau lalu diamkan sampai dingin. Anda bisa menyemprotkannya ke wajah atau dengan mengoleskannya.

Manfaatkan Pepaya

Pepaya memang punya banyak manfaat untuk masalah kecantikan. Kandungan berbagai vitamin dalam buah ini bisa membantu dalam meregenerasi kulit, melembabkan, dan menutrisi kulit. Buah ini sering digunakan untuk membersihkan kotoran pada wajah, menghilangkan sel kulit mati, hingga membersihkan komedo. Anda juga bisa menggunakannya sebagai sunscreen alami.

Pakai Uap garam

Cara menghilangkan komedo secara alami ini merupakan tindakan yang mudah juga murah. Kamu hanya perlu menyiapkan garam dan juga air. Garam memiliki senyawa ion positif dan negatif yang membentuk senyawa netral. Ini membantu dalam menghilangkan komedo hitam di wajah. Cara menggunakannya adalah dengan mendidihkan 1,5 liter air lalu dipindahkan ke wadah yang ada 3 sendok makan garam. Larutkan garamnya, lalu letakkan wajah di atas wadah sampai terkena uap. Lakukan selama 5-10 menit.

Oleskan Tomat

Tomat memiliki likopen yang bersifat antioksidan. Tomat mampu mencegah dan membersihkan komedo karena bisa menangkal radikal bebas, dan mengangkat sel kulit mati. Cuci tomat lalu tumbuk sampai halus. Oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin agar hasil maksimal.

Manfaatkan Kayu manis

Kayu manis bagus untuk menghilangkan komedo dan pori-pori. Hanya saja banyak orang yang memiliki kulit sensitif sehingga tidak bisa menggunakannya. Campurkan satu sendok kayu manis dengan jus lemon dan bubuk kunyit. Tambahkan air sehingga menjadi pasta lalu oleskan ke wajah dan biarkan semalaman. Lakukan cara menghilangkan komedo secara alami ini dua kali seminggu supaya hasil maksimal.

Hilangkan dengan Kunyit

Kunyit dipercaya bisa menghilangkan noda hitam di kulit. Kunyit juga bisa menghilangkan komedo hitam. Cara menghilangkan komedo dengan kunyit adalah dengan cara mencampur dua sendok kunyit bubuk dengan 2 sendok air daun mint. Oleskan pada komedo lalu biarkan selama 30 menit dan bilas. Anda bisa mencampur bubuk kunyit dengan bubuk cendana dan susu. Oleskan ke komedo selama 10-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Memakai Kedelai

Kedelai memiliki kandungan vitamin A, B kompleks, E, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium. Menggunakan masker kedelai dengan rutin bisa membuat wajah menjadi lebih cerah, tidak berminyak, dan bersih dari komedo. Rendam kedelai selama satu hari lalu blender tanpa air. Oleskan pasta kedelai ke wajah lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat

Gunakan Produk Penghilang Komedo

Ada banyak produk yang bisa menghilangkan komedo dengan berbagai bentuk. Contohnya adalah seperti gel, krim, sampai plester yang ditempel ke kulit. Namun sebelum menggunakannya, pastikan sudah melihat produk tersebut di BPOM dan gunakan sesuai petunjuk.

Obat dari Dokter

Jika komedo tidak kunjung hilang, kamu bisa datang ke dokter dan mengkonsultasikannya. Dokter akan memberikan produk yang memiliki kandungan antibiotik dan jenis obat lainnya. Contohnya seperti benzoil peroksida, retinoid, asam glikolat, dan asam salisilat.

Teknik Microdermabrasi

Mikrodermabrasi adalah teknik yang dilakukan untuk mengatasi masalah kulit yang ada di bagian luar kulit wajah. Dokter akan menyemprotkan bahan sejenis kristal dengan alat khusus untuk mengangkat komedo dan merangsang sel kulit baru.

Terapi Laser dan Cahaya

Terapi cara menghilangkan komedo ini menggunakan alat yang bisa mengeluarkan cahaya dan sinar laser yang diarahkan ke kulit. Sinar tersebut bisa menghilangkan komedo dan jerawat tanpa merusak kulit. Sinar ini juga bisa menurunkan produksi minyak dan membunuh bakteri.

Cuci Rambut Setiap Hari

Minyak yang ada  ada di area rambut membuat pori-pori di wajah menjadi tersumbat. Oleh karena itu, tindakan mencuci rambut setiap hari dapat membantu Anda dalam proses menghilangkan komedo, apalagi pada rambut yang berminyak.

Gunakan Produk Bebas Minyak

Produk dengan minyak dapat menimbulkan komedo baru di badan Anda. Jadi, Anda harus selalu memilih produk-produk skincare seperti makeup, lotion, dan sunscreen yang tertulis bebas minyak pada label kemasan produk skincare-nya.

Aplikasikan Pasta gigi

Pasta gigi bukan hanya berguna dalam membersihkan gigi, tapi juga bisa menghilangkan komedo. Kandungan mint dalam pasta gigi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan bisa mengeluarkan komedo. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan pasta gigi ke kulit yang ada komedo, lalu diamkan selama 5 menit sampai kering. Teteskan air dan pijat secara memutar lalu bilas. Gosokkan es batu supaya pori mengecil lagi. Terakhir gunakan pelembab pada kulit.

Itu dia artikel tentang cara menghilangkan komedo membandel. Baca juga artikel dan informasi kesehatan lainnya, seperti cara menghilangkan jerawat secara alami, cara menghilangkan flek hitam secara alami, dan cara menghilangkan mata panda secara alami hanya di Info Pasien!

Rinaldi Syahran
Homo Homini Lupus!