26 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kamu

Artikel ini terakhir di perbaharui June 11, 2021 by Rinaldi Syahran
26 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Kamu
Buah naga - Heather Ford/Unsplash

Siapa yang tak mengenal buah naga? Buah ini memiliki bentuk yang unik dan punya rasa yang enak. Oleh karena dua hal ini, buah naga menjadi menarik di mata penggemar buah-buahan, sehingga berhasrat untuk mengkonsumsinya. Diketahui bahwa buah naga memiliki dua varian jenis, yakni, buah naga berdaging putih dan buah naga berdaging ungu-kemerahan (nila). Manfaat buah naga ada banyak dan cukup beragam.

Di antara beberapa manfaat dari buah naga tersebut, terdapat kemungkinan belum Anda ketahui sebelumnya. Berikut ini merupakan 27 manfaat buah naga untuk kesehatan yang telah Info Pasien rangkum dari pelbagai sumber.

Mencegah Dehidrasi

Buah naga adalah buah yang memiliki cukup banyak cairan di dalamnya meski hidup di daerah yang kering. Itulah mengapa buah ini bisa digunakan untuk mencegah dehidrasi pada tubuh serta menambah rasa segar di tubuh. Rasa segar ini membuat banyak orang gemar mengonsumsi buah ini dengan berbagai cara. Mulai dari langsung dimakan, dibuat jus, atau dijadikan es buah.

Sebagai Sumber Zat Besi yang Baik

Manfaat buah naga selanjutnya adalah menjadi sumber zat besi yang baik bagi manusia. Buah ini kaya akan zat besi yang penting untuk tubuh. Ada sekitar 1,9 mg zat besi dalam 100 g buah naga. Jumlah ini setara dengan 11 persen kebutuhan zat besi orang dewasa. Zat besi digunakan tubuh untuk membentuk hemoglobin yang berfungsi untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Mengonsumsi zat besi yang cukup akan menghindari penyakit anemia. Bukan hanya itu, zat besi juga bisa membantu perkembangan dan peningkatan kecerdasan anak.

Sebagai Sumber Vitamin C yang Baik

Manfaat buah naga lainnya adalah menjadi sumber vitamin C yang baik. Kandungan vitamin C dalam buah naga terbilang cukup tinggi. Inilah mengapa buah naga adalah sumber vitamin c yang baik. Jumlah vitamin C dalam buah naga lebih banyak tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah yang ada di wortel. Ada sekitar 21 mg vitamin c pada 100 g buah naga. Jumlah ini setara dengan 34 persen kebutuhan vitamin C orang dewasa. Vitamin c berfungsi sebagai penjaga kebugaran, daya tahan tubuh, kesehatan kulit, dan penyerapan zat besi.

Membantu kesehatan jantung

Manfaat buah naga lainnya adalah membantu kesehatan jantung manusia. Mengonsumsi buah naga dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Hal itu karena buah naga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Penggunaan obat herbal untuk menurunkan kadar kolesterol total banyak dipakai di masyarakat seperti buah naga merah (Hylocereus ployrhzus).

Zat buah naga merah (Hylocereus ployrhzus) yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol total adalah antosianin yang merupakan salah satu jenis flavonoid yang memiliki dua mekanisme kerja dalam menurunkan kadar kolesterol total yaitu dengan menghambat cholestryl ester transfer protein (CETP) dan menghambat enzim HMG-CoA reduktase. Buah naga merah memiliki efek menurunkan kadar kolesterol total (2016. Sigarlaki & Tjiptaningrum).

Sebagai Sumber Lemak Tidak Jenuh

Buah naga juga bisa menjadi sumber lemak tidak jenuh (MUFA dan FUFA. Ada pun manfaat lemak tidak jenuh pada buah naga (putih dan merah) adalah meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah, mampu memelihara dan membantu pembentukan sel-sel baru, mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, dapat meningkatkan sentivitas insulin di tubuh, membantu mengontrol berat badan.

Membantu Penuhi Kebutuhan serat

Serat merupakan bahan makanan yang cukup penting bagi tubuh. Wanita dewasa direkomendasikan untuk mengonsumsi sebanyak 25 g serat dan 38 g untuk pria dewasa. Untuk sekali sajian, buah naga mengandung 7 gram serat yang mampu membantu memenuhi kebutuhan serat pengonsumsinya.

Membantu Lawan Diabetes

Buah naga dapat membantu menjaga gula darah seseorang tetap stabil. Hal ini karena buah naga dikatakan para peneliti bisa membantu meregenerasi sel pankreas yang rusak pada penderita diabetes. Ekstrak etanol buah naga daging putih (H. undatus) memiliki kandungan senyawa kimia flavonoid sebagai antioksidan. Pada dosis 50 mg/kg bb, maupun dosis 100 mg/kg bb, dapat digunakan sebagai obat penurun glukosa darah dan memiliki efek sebanding dengan glibenklamid sebagai penurun glukosa darah (2013. Wibawa, Antara & Dharmayudha). Meski begitu, informasi ini masih dibutuhkan penelitian yang lebih dalam lagi.

Mengurangi Jerawat

Bakteri yang dapat memicu tumbuhnya jerawat diantaranya adalah Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermid. Fraksi n-Heksana kulit buah naga merah memiliki aktivitas antibakteri pada bakteri P. acnes sedangkan pada bakteri S. epidermidis tidak memiliki aktivitas antibakteri berdasarkan metode difusi cakram (tes KirbyBauer). Hasil diameter rata-rata zona hambat tiap konsentrasi 20; 40; dan 80 mg/mL pada
bakteri P. acnes secara berurutan yakni sebesar 9 mm; 10,25 mm; dan 10,5 mm (2013. Wahdaningsih, Untari, Fauziah).

Kamu bisa membuat masker dari buah naga dengan cara menghancurkannya terlebih dahulu sampai menjadi bentuk pasta, lalu mengoleskannya pada daerah yang sedang meradang di wajah, mendiamkannya beberapa saat, lalu dibilas dengan air. Kamu bisa menggunakan ini sebanyak dua kali sehari sampai melihat perubahan.

Membantu Atasi Kulit yang Terbakar Matahari

Buah naga mengandung senyawa flavonoid (senyawa polifenol) yang dapat menjadi kemopreventif kanker, anti mikroba, dan sebagai anti inflamasi yang bekerja pada sel hidup. Oleh karena bisa sebagai anti inflamasi, maka buah naga bisa mengatasi berbagai macam luka bakar yang ringan, seperti terbakar matahari. Bahkan bisa digunakan pada luka bakar derajat II dengan penyembuhan selama 9,6 hari (2018. Pujiastutik & Hapsari). Kamu juga bisa menambahkan pasta ini dengan timun dan madu.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah naga memiliki kandungan prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik di usus. Lebih tepatnya lagi bakteri Lactobacilli dan Bifidobacteria. Kedua bakteri tersebut berguna untuk membunuh virus juga bakteri jahat yang menyebabkan penyakit. Itulah mengapa mengonsumsi buah naga dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dan jahat di usus.

Sumber Magnesium yang Baik

Dibandingkan dengan buah lain, buah naga memiliki jumlah magnesium yang cukup banyak. Magnesium berguna dalam proses pemecahan energi, kontraksi otot, dan pembentukan DNA dalam tubuh. Mineral ini terbilang cukup penting untuk tubuh manusia.

Menekan Peradangan Sendi

Buah naga dapat membantu dalam menekan peradangan sendi atau yang sering disebut sebagai artritis. Hal ini karena buah naga kaya akan antioksidan yang berguna sebagai antiinflamasi.

Mengatasi Kerusakan Rambut

Rambut yang sering terkena zat kimia lama kelamaan akan rusak. Buah naga dapat membantu dalam pencegahan kerusakan tersebut. Kamu bisa menggunakan buah naga yang sudah di jus lalu dioleskan ke kepala yang belum dikeramas. Ini akan membantu dalam menjaga kesehatan folikel rambut. Rambut juga akan lebih ternutrisi dan tumbuh lebih cepat karena adalanya vitamin dan mineral dalam buah ini.

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Salah satu manfaat buah naga adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Buah naga merupakan buah yang mengandung vitamin a. Vitamin ini berguna dalam meningkatkan sistem imun tubuh juga mencegah infeksi di tubuh.

Mengatasi Penuaan

Jika rajin mengonsumsi buah naga, kamu akan mendapatkan kulit yang terjaga. Kulit kamu akan awet muda dan kencang. Kamu akan mendapatkan manfaat yang satu ini jika menggunakannya sebagai masker wajah.

Membantu Proses Detoksifikasi

Salah satu manfaat buah naga adalah membantu proses detoksifikasi. Buah naga adalah buah yang sangat manjur dalam digunakan untuk detoksifikasi. Karena banyaknya jumlah antioksidan dalam buah ini, radikal bebas di tubuh akan hilang di baik. Proses pengeluaran racun yang dikenal dengan detoksifikasi akan mudah dilakukan jika mengonsumsi buah ini.

Menangkal Kanker

Umumnya, buah yang berwarna merah memiliki lycopene dalam dagingnya. Contohnya buah naga. Lycopene terbukti bisa mengurangi resiko terkena kanker prostat. Bukan hanya lycopene, phytoalbumin juga bisa membantu menangkal pembentukan radikal bebas karsinogen dalam tubuh juga membuat racun logam yang dapat menyebabkan kanker.

Menurunkan Darah Tinggi

Salah satu manfaat buah naga bagi kesehatan adalah menurunkan darah tinggi. Lycopene dalam buah naga juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah serangan jantung. Itu karena biji dalam buah naga penuh akan nutrisi yang bisa mencegah gangguan di sistem kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah naga diketahui mempunyai kandungan kalsium yang sangat baik untuk gigi dan tulang manusia.

Sebagai Sumber Asam Lemak Sehat

Dilansir dari MEdical News Today, biji buah naga memiliki kandungan yang menyehatkan untuk tubuh. Biji dalam buah naga memiliki asam lemak yang termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6, juga minyak alami. Dokter mengatakan kalau asam lemak juga minyak alami tersebut sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Membantu Kurangi Berat Badan

Buah naga yang kaya akan serat dan juga rendah kalori akan membantu kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama tanpa perlu takut berat badan bertambah. Banyaknya air dalam buah naga juga akan membantu dalam melancarkan pencernaan.

Meningkatkan Nafsu Makan

Salah satu manfaat buah naga adalah meningkatkan nafsu makan Anda. Vitamin B1 dan B2 yang ada di buah naga akan membantu meningkatkan nafsu makan terutama pada anak-anak yang suka susah makan. Hal ini memang bertolak belakang untuk orang-orang yang sedang berdiet, tapi untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan bisa mengganti makanan sehari-hari hanya dengan buah naga agar bisa kenyang tanpa berat badan naik.

Membantu Ringankan Batuk dan Asma

Buah naga yang kaya akan omega 3 dan 6 akan membantu dalam meringankan gangguan pernapasan sehingga bagus dikonsumsi untuk penderita asma atau yang sedang terjangkit batuk. Tapi perlu diingat kalau buah naga bukanlah obat dari asma.

Menambah Tenaga dan Kekuatan

Ibu hamil seringkali membutuhkan lebih banyak energi karena membantu 2 orang sekaligus. Buah naga dapat membantu meningkatkan tenaganya. Manfaat buah naga ini ada karena dalam 100 g buah naga terdapat 9-14 g karbohidrat yang dapat digunakan sebagai suplemen alami untuk tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini, ibu hamil akan memiliki lebih banyak tenaga dan kekuatan.

Mencegah Keguguran dan Kelahiran Prematur

Buah naga bermanfaat dalam mencegah keguguran dan kelahiran prematur. Manfaat buah naga ini bisa ada karena buah-buahan ini memiliki kandungan asam folat yang dapat memperkuat janin. Folat adalah kandungan yang cukup penting untuk ibu hamil. Folat ini membantu membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf untuk bayi. Kecukupan folat dalam ibu hamil terbilang cukup penting dan buah naga bisa menjadi sumber yang baik untuk itu.

Membantu Redakan Penyakit Kronis

Buah naga dalam membantu dalam pengobatan penyakit kronis karena buah ini memiliki antioksidan yang sangat baik dalam meredakan penyakit, seperti jantung, kanker, diabetes, arthritis, dan lainnya. Antioksidan yang didapatkan tubuh dari buah naga akan berdampak lebih baik dibanding dari suplemen yang dikonsumsi.

Itu dia beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Jika Anda ingin merasakan sendiri manfaat-manfaat tersebut, tak ada salahnya untuk menjadikan buah naga sebagai konsumsi sehari-hari. Akan tetapi, Anda harus tetap ingat untuk membatasi asupan buah naga agar tidak berlebihan. Pada dasarnya, segala sesuatu yang berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di Info Pasien, khususnya manfaat buah kelengkeng dan asidosis serta alkalosis!

Rinaldi Syahran
Homo Homini Lupus!