26 Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus dengan Cepat

Artikel ini terakhir di perbaharui October 15, 2020 by Rinaldi Syahran
26 Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus dengan Cepat
Balok dengan kata berhenti cegukan - freepik/iharzaiko

Cara mengatasi cegukan terus menerus dengan cepat – Semua orang pastinya pernah cegukan; ada yang jarang, tapi ada juga yang sering terganggu dengan cegukan, apalagi jika terjadi di momen-momen penting seperti wawancara kerja misalnya. Meskipun cegukan biasanya hilang dengan sendirinya dalam beberapa menit, tapi tetap saja cegukan bisa sangat mengganggu.

Beberapa orang mungkin sudah menyarankan banyak trik untuk mengatasi cegukan, mulai dari bernapas ke dalam kantong kertas hingga makan sesendok gula. Tapi solusi mana yang benar-benar berhasil?

Tidak banyak penelitian yang mengevaluasi keefektifan berbagai pengobatan cegukan. Namun, banyak dari mereka didukung oleh bukti yang tak jelas selama berabad-abad. Selain itu, beberapa pengobatan yang paling populer sebenarnya merangsang saraf vagus atau frenikus, yang terhubung ke diafragma kita dan membuat kondisi lebih buruk.

Baca terus untuk mengetahui cara paling populer dan efektif untuk menghilangkan cegukan.

Cegukan terjadi saat diafragma kejang tanpa disengaja. Diafragma adalah otot besar yang membantu keluar masuknya udara saat kita bernafas. Saat diafragma mengalami kejang, kita menarik napas secara tiba-tiba dan pita suara kita menutup, yang menyebabkan suara cegukan yang khas.

Dalam banyak kasus, cegukan datang dan pergi dengan cepat. Faktor gaya hidup yang dapat menyebabkan cegukan meliputi:

  • makan terlalu banyak atau terlalu cepat
  • minum minuman berkarbonasi
  • makan makanan pedas
  • merasa stres atau bersemangat secara emosional
  • minum alkohol
  • terkena perubahan suhu yang cepat.

Kiat-kiat ini dimaksudkan untuk mengatasi cegukan dalam waktu cepat. Jika mengalami cegukan kronis yang berlangsung lebih dari 48 jam, segera periksa ke dokter. Ini mungkin merupakan tanda dari kondisi mendasar yang membutuhkan perawatan.

1) Belajar bernapas secara sadar

Terkadang, perubahan sederhana dalam pernapasan atau postur tubuh dapat membuat diafragma kita rileks. Atur ulang sistem pernapasan kita dengan pernapasan yang lambat dan terukur. Tarik napas dalam lima hitungan dan keluarkan dalam lima hitungan.

2) Tahan napas

Tarik napas dalam-dalam dan tahan selama sekitar 10 hingga 20 detik, lalu keluarkan perlahan. Ulangi seperlunya.

3) Bernapaslah ke dalam kantong kertas

Letakkan kantong makan siang kertas di atas mulut dan hidung. Tarik dan embuskan napas perlahan, mengempiskan dan menggembungkan kantong kertas. Jangan pernah menggunakan kantong plastik.

4) Peluk lutut

Duduklah di tempat yang nyaman. Dekatkan lutut ke dada dan tahan di sana selama dua menit.

5) Kompres dada

Condongkan tubuh atau bungkukkan tubuh ke depan untuk mengompres dada. Ini akan memberi tekanan pada diafragma dan membantu menghilangkan cegukan.

6) Lakukan manuver Valsava

Untuk melakukan manuver ini, cobalah menghembuskan napas sambil mencubit hidung dan menutup mulut.

7) Tarik lidah

Titik-titik tekanan atau titik akupresur adalah area tubuh kita yang sangat sensitif terhadap tekanan. Menerapkan tekanan ke titik-titik ini dengan tangan dapat membantu mengendurkan diafragma atau merangsang saraf vagus atau frenikus kita. Menarik lidah akan merangsang saraf dan otot di tenggorokan Anda. Pegang ujung lidah dan tarik ke depan dengan lembut sekali atau dua kali.

8) Tekan diafragma

Diafragma memisahkan perut kita dari paru-paru. Gunakan tangan untuk menekan area tepat di bawah ujung tulang dada Anda.

9) Pencet hidung hingga tertutup sambil menelan air

Lakukan tindakan ini dengan rileks, dan Anda akan menemukan bahwa setelah beberapa menit, cegukan akan hilang dan tak kembali lagi.

10) Remas telapak tangan

Gunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan Anda yang lain.

11) Pijat arteri karotis

Kita memiliki arteri karotis di kedua sisi leher kita. Itulah yang kita rasakan saat memeriksa denyut nadi dengan menyentuh leher. Berbaring, putar kepala ke kiri, dan pijat arteri di sisi kanan dengan gerakan melingkar selama lima hingga 10 detik.

12) Minum air es

Makan hal-hal tertentu atau mengubah cara kita minum juga dapat membantu merangsang saraf vagus atau frenikus kita. Menyeruput air dingin secara perlahan dapat membantu merangsang saraf vagus.

13) Minum dengan gelas dari sisi yang berlawanan

Angkat gelas di bawah dagu untuk minum dari sisi mulut gelas yang terjauh.

14) Perlahan minum air hangat tanpa berhenti 

Anda dapat menghilangkan cegukan secara cepat dengan meminum air hangat tanpa berhenti untuk bernapas. Bila belum berhasil, coba cara mengatasi cegukan ini untuk kedua kalinya.

15) Minum air melalui kain atau handuk kertas

Tutupi segelas air dingin dengan kain atau handuk kertas dan seruput.

16) Isap es batu

Isap es batu selama beberapa menit, lalu telan setelah es batu menyusut menjadi ukuran yang cukup kecil.

17) Kumur air es

Kumur air es selama 30 detik. Ulangi seperlunya.

18) Makan sesendok madu atau selai kacang

Biarkan lumer di mulut sedikit sebelum ditelan.

19) Makan sedikit gula

Taruh sejumput gula pasir di lidah dan diamkan di sana selama lima hingga 10 detik, lalu telan.

20) Isap lemon

Beberapa orang menambahkan sedikit garam ke dalam irisan lemon sebelum mengisapnya. Bilas mulut dengan air setelahnya untuk melindungi gigi dari asam sitrat.

21) Teteskan cuka di lidah

Cara mengatasi cegukan dengan cepat bisa dengan meneteskan cuka di lidah Anda. Namun, bila tidak menyukai asam dari cuka, maka disarankan untuk tidak mencoba.

22) Dapatkan orgasme

Cara yang tidak biasa, tapi terbukti ampuh menurut penelitian. Kita mungkin tidak terbiasa dengan metode ini, tetapi cara mengatasi cegukan ini didukung oleh studi kasus ilmiah. Ada penelitian yang melibatkan pria yang cegukannya berlangsung selama empat hari. Cegukan tersebut berhenti setelah dia orgasme.

23) Lakukan pijatan rektal.

Studi kasus lainnya melaporkan bahwa seorang pria yang menderita cegukan akhirnya lega segera setelah dia menerima pijat rektal. Menggunakan sarung tangan karet dan banyak pelumas, masukkan jari ke dalam rektum (dubur) dan pijat.

24) Tekan atau gosok bagian belakang leher

Menggosok kulit di bagian belakang leher dapat menstimulasi saraf frenikus kita.

25) Tekan bagian belakang tenggorokan dengan kapas

Dengan lembut, tekan bagian belakang tenggorokan Anda dengan kapas sampai Anda muntah atau batuk. Refleks muntah tersebut dapat merangsang saraf vagal.

26) Alihkan perhatian dengan sesuatu yang menarik

Cegukan sering kali hilang dengan sendirinya saat kita berhenti berfokus padanya. Mainkan video game, isi teka-teki silang, atau lakukan kegiatan lain yang membutuhkan fokus penuh. Coba pengobatan ini.

Kebanyakan kasus cegukan hilang dalam beberapa menit atau jam. Jika Anda sering mengalami cegukan atau cegukan yang berlangsung lebih dari dua hari, bicarakan dengan dokter. Cegukan yang demikian bisa menjadi tanda dari kondisi kesehatan tertentu, seperti:

  • refluks gastroesofagus (GERD)
  • stroke
  • sklerosis ganda.

Selain itu, beberapa kasus cegukan lebih membandel dibandingkan kasus lainnya. Jika ini terjadi, dokter mungkin meresepkan obat untuk membantunya berhenti. Obat-obatan umum untuk cegukan kronis meliputi:

  • baclofen (Gablofen)
  • Klorpromazin (Thorazine)
  • metoclopramide (Reglan).

Itu dia cara mengatasi cegukan terus menerus dengan cepat. Baca artikel lainnya seperti cara menghilangkan jerawat secara alami, dan cara menghilangkan bau mulut secara alami hanya di Info Pasien.

Retno Wulandari
"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui."